Analisis calon presiden Indonesia 2014
melalui data media sosial

Situs ini adalah layanan untuk memberikan analisis terhadap calon presiden dan wakil presiden 2014 di media sosial. Analisis tersebut disajikan dalam bentuk persebaran dan popularitas para calon presiden dan wakil presiden di media sosial, sentimen pengguna terhadap masing-masing calon, serta topik yang paling sering dibicarakan oleh pengguna untuk setiap calon. Analisis dilakukan terhadap semua calon presiden dan wakil presiden. Penyajian data-data kami buat agar dapat dimengerti oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Independen

Bebas dari segala macam kepentingan, karena kami berusaha memberikan informasi yang berimbang, tanpa ada pengaruh dari pihak manapun.

Ilmiah

Menggunakan metode yang telah teruji secara ilmiah dalam membangun proses analisis yang dilakukan.

Misi

Mengambil peran dalam memberikan kontribusi bagi Indonesia melalui penelitian dalam bidang perolehan informasi.

Tentang Kami

Kami adalah sekelompok peneliti dari Lab Perolehan Informasi atau yang biasa disebut Lab IR (Information Retrieval) di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia. Kami telah melakukan penelitian di bidang media sosial sejak tahun 2010 serta melakukan beberapa publikasi terkait bidang ini. Selain itu, kami juga telah mengikuti kompetisi internasional di bidang analisis data dan sentimen pada media sosial. Berdasarkan ilmu yang sudah kami peroleh dari serangkaian riset dan publikasi tersebut, kami berusaha untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah dengan memberikan analisis terhadap data calon presiden dan wakil presiden 2014-2019 di media sosial ini.

Mengapa Analisis Kami Berbeda?

Banyak pihak lain yang sudah memberikan analisis yang lengkap terhadap calon-calon presiden dan wakil presiden seperti yang kami lakukan. Namun, kami melihat bahwa data media sosial banyak dimanipulasi oleh orang-orang yang berusaha mempengaruhi traffic dan mengaburkan pandangan sebenarnya dari masyarakat. Oleh karena itulah, kami ingin mencoba memberikan informasi dan mencoba menyuarakan aspirasi sebenarnya dari para pengguna media sosial dengan sebisa mungkin menghilangkan manipulator tersebut pada analisis kami. Kami mencoba untuk memberikan informasi mengenai isu dan hal yang menjadi perhatian dari masyarakat pengguna media sosial terhadap para calon pemimpin yang ada. Kami berusaha menjadi lembaga bebas tanpa pengaruh dari pihak dan calon manapun yang bertujuan untuk dapat memberikan informasi yang bermutu dan bebas dari manipulasi kepada masyarakat.









  • Feature 1
  • Feature 2
  • Feature 3
  • Feature 4
  • Feature 5
  • Feature 6